Erick Firmansyah, SP. M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SEKAM BAKAR SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN PANJANG STEK TERHADAP PERTUMBUHAN STEK Turnera subulata


Penelitian bertujuan untuk megetahui respon pertumbuhan stek turnera pada pemberian sekam bakar dan panjang stek terhadap pertumbuhan stek turnera subulata, telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa, Yogyakarta (DIY). Ketinggian tempat penelitian kurang lebih 118 meter diatas permukaan laut, penelitian dialakukan selama ±3 bulan pada bulan oktober sampai desember 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor yaitu regusol : sekam bakar sebagai media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu (kontrol, 1:1, 1:2, 1:3,) dan panjang stek yang terdiri dari 3 aras yaitu (2 ruas, 3 ruas, 4 ruas) data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam jenjang 5% dan untuk mengetahui perlakuan yang berbeda nyata digunakan uji jarak berganda Duncan (Duncan multiple range test) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada interaksi nyata antara media tanam dan panjang stek terhadap pertumbuhan stek Turnera subulata. Komposisi media tanam regusol : sekam bakar (1:2) dapat meningkatkan pertumbuhan stek Turnera subulata. Panjang stek 4 ruas memberikan pertumbuhan Turnera subulata terbaik.
LOADING LIST...
ronysihombingg@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...