AJI YUSUF; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PEMASARAN JAMBU AIR DI KABUPATEN DEMAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran di Kabupaten Demak, mengetahui besarnya biaya, keuntungan dan margin pemasaran jambu air untuk setiap pola saluran pemasaran yang terbentuk di Kabupaten Demak, mengetahui bagian yang diterima petani (farmer’s share) dan mengetahui tingkat efisiensi saluran pemasaran yang paling ekonomis.
Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif analisis. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode multi state. Pengambilan responden petani dan lembaga pemasaran ditentukan dengan metodel random sampling. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 30 petani jambu air dan 13 lembaga pemasaran yang terdiri dari pedagang desa 4 orang, pedagang kecamatan 6 orang dan pedagang kabupaten 3 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran jambu air di Kabupaten Demak. Saluran I : Petani - Pedagang desa - Pedagang kecamatan – Konsumen, Saluran II : Petani - Pedagang kecamatan – Konsumen, Saluran III : Petani - Pedagang kabupaten – Konsumen, Saluran IV : Petani – Konsumen. Biaya, keuntungan dan marjin pemasaran dari empat saluran pemasaran jambu air di Kabupaten Demak, Saluran pemasaran I : biaya Rp 1.879,65,-/kg, keuntungan Rp 1.120,35,-/kg, marjin 36,50%, Saluran pemasaran II : biaya Rp 1.463,4,-/kg, keuntungan Rp 536,6,-/kg, marjin 22,22%, Saluran pemasaran III : biaya Rp 761,89,-/kg, keuntungan Rp 4.238,11-/kg, marjin 45,45%, Saluran pemasaran IV : biaya Rp 0,-/kg, keuntungan Rp 0,-/kg, marjin 0 %. Farmer’s share dari empat saluran pemasaran jambu air di Kabupaten Demak : Saluran pemasaran I 66,66%, saluran pemasaran II 77,77%, saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran jambu air yang lebih efisien secara ekonomis karena nilai persentase marjin di saluran pemasaran IV lebih rendah daripada saluran pemasaran I, II dan III dan nilai farmer’s share lebih tinggi daripada saluran pemasaran I, II dan III.

Kata kunci : Saluran pemasaran, Marjin, Farmer’s share dan Efisiensi Pemasaran.

LOADING LIST...
Ajicrow@gmail.com
AJI YUSUF - Personal Name
Arum Ambarsari, SP, MP (P) - Personal Name
Dr.Ir.Purwadi,MS - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...