Ir. Nila Ratna Juita A., MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KERAGAAN PASAR LELANG CABAI MERAH (Studi Kasus Pasar Lelang Desa Banaran Kec. Galur Kab. Kulonprogo, D.I. Yogyakarta


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendiskripsikan pengelolaan dan implementasi pasar lelang cabai merah “NGT” di Desa Banaran Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 - Mei 2018.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penentuan sampel menggunakan metode sensus serta purposive sampling. Strategi pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta kajian dokumen dan arsip.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar lelang cabai merah “NGT” di Desa Banaran Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo merupakan bentuk kelembagaan ekonomi petani hasil pengembangan kelompok tani cabai yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian juga menunjukan bawasannya Peluang utama pemasaran cabai merah melalui Pasar Lelang NGT adalah kepercayaan peserta lelang baik pembeli maupun penjual cabai terhadap pasar lelang, sedangkan ancaman utama dalam pemasaran cabai merah melalui pasar lelang NGT adalah kurangnya sistem promosi. Secara umum pasar lelang NGT merespon secara “sedang” terhadap kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman, yang artinya pasar lelang mempunyai kelayakan untuk terus berjalan dan memiliki potensi dalam pengembangannya.

Kata kunci: Cabai Merah, Implementasi, Pasar Lelang, Pengembangan.
LOADING LIST...
pambudi.agungputra@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...