IR. SRI MANU ROHMIYATI, M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk organik dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dari bulan Maret sampai Juni 2018.
Penelitian menggunakan metode faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri dari 4 macam (pupuk kandang, kompos bioslurry, kompos limbah pasar dan pupuk hijau). Sedangkan faktor kedua adalah volume penyiraman yang terdiri dari 4 aras volume (50 ml, 100 ml, 150 ml, dan 200 ml). Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam. Bila ada beda nyata diuji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat kombinasi yang baik antara macam pupuk organik dan volume penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Kompos bioslurry, kompos limbah pasar dan pupuk hijau memberikan pengaruh yang sama dan lebih baik dibandingkan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
Prayogasetiawan1@yahoo.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...