LUCKYTO SAPUTRA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN VOLUME LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam dan volume limbah tahu terhadap pertumbuhan tanaman selada. Penelitian ini dilaksanakan di tanah petani sekitar di Desa Maguwoharjo, kecamtan Depok, Sleman, DIY. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi media tanam yang terdiri dari 3 aras yaitu : tanah regusol, arang sekam dan dedak padi. Sedangkan faktor kedua adalah volume limbah tahu, yang terdiri dari 4 aras yaitu : NPK, 200 ml/ ℓ /minggu , 400 ml/ ℓ /minggu dan 600 ml/ ℓ/minggu. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah tanaman yang diperlukan untuk percobaan adalah : 5x12 = 60 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat pengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Terjadi perbedaan nyata dibeberapa parameter :berat segar daun,berat segar tanaman, luas daun, tinggi tanaman, berat kering daun dan berat kering tanaman. Kombinasi yang terbaik yaitu : dedak padi dan NPK, dedak padi dan limbah tahu 200 ml, arang sekam dan NPK.

Kata Kunci: regusol, arang sekam, dedak padi, volume limbah tahu, selada.

LOADING LIST...
luckypasaribu18@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...