Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT PADA TOPOGRAFI YANG BERBEDA


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh topografi miring terhadap produktivitas kelapa sawit telah dilakukan di Kebun Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara mulai pada bulan November 2018.
Penelitian ini menggunakan survey agronomi untuk memilih, mengetahui dan mengenal lokasi kebun penentuan serta memperoleh data primer dengan cara menentukan lokasi pengambilan sampel tanaman yaitu pada topografi datar dan miring ditentukan 3 petak tanaman kelapa sawit dengan varietas dan umur tanaman yang sama. Pada masing-masing petak ditentukan 10 tanaman kelapa sawit untuk dilakukan pengukuran karakter agronomi. Selain itu juga dikumpulkan data sekunder meliputi data produksi tahun 2012-2016, data pemupukan tahun 2012-2016 dan data curah hujan tahun 2007-2016. Hasil pengamatan dianalisis untuk membandingkan produktivitas antara lahan datar dan lahan miring menggunakan uji t pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman kelapa sawit pada lahan datar dan lahan miring memberikan produksi yang tidak berbeda nyata. Hasil analisis pada pengukuran karakter agronomi menunjukkan pada parameter lebar petiole dan berat TBS berbeda nyata, sedangkan pada parameter lainnya tidak berbeda nyata.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...