MAULANA MALIK MAGHRIBI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS TERHADAP NODULASI DAN PERTUMBUHAN MUCUNA BRACTEATA PADA BERBAGAI JENIS TANAH


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan media tanam terhadap pertumbuhan dan nodulasi pada Mucuna Bracteata dan juga untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kascing terhadap pertumbuhan dan nodulasi pada Mucuna Bracteata. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Maguwoharjo, Kecamatan Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada ketinggian 118 m dpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap atau CRD (Complety Randomized Design). Faktor pertama adalah jenis tanah (Regusol dan gambut). Faktor kedua adalah jumlah pemberian bahan organik pupuk kascing dengan aras 0 %, 10%, 30% dan 50%. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan aplikasi jenis tanah dan penambahan pupuk kascing tidak adanya interaksi nyata pada parameter jumlah daun, jumlah bintil akar total, jumlah bintil akar efektif, berat segar akar, dan berat kering akar. Kecuali adanya interaksi nyata pada parameter panjang sulur tanaman, berat segar berangkasan, berat kering berangkasan, panjang akar tanaman. Kedua jenis tanah memiliki pengaruh yang sama disetiap parameternya.
Kata kunci : Mucuna bracteata, regusol, gambut, pupuk kascing.

LOADING LIST...
malikmaulana467@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...