Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TANKOS) TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT DI LAHAN PASIRAN


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian aplikasi Jangkos terhadap produksi Kelapa Sawit di lahan Pasiran. Penelitian dilaksanakan di perkebunan Bumitama Gunajaya Agro PT.KBAS (Karya Bakti Agro Sejakhtra) wilayah 7B region 4B tepatnya di SRESE (Sungai Rasau Estate) Ketapang, Kalimantan Barat. Penelitan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2018.
Peneltian dilakukan dengan menggunakan metode survei Agronomi. Perkebunan yang telah di pilih adalah yang telah dilakukan intensifikasi yang telah berproduksi. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data skunder. Data primer diambil dengan cara pengamatan terhadap karakter agronomi tanaman. Untuk membedakan produktifitas tanaman kelapa sawit di lahan pasiran dan lahan pasiran yang menggunakan aplikasi Jangkos digunakan uji t pada jenjang nyata 5% . Uj terhadap 2 sampel bebas,artinya bahwa kedua sampel (parameter/variabel) tidak saling berhubungan, variabel uji t adalah rata-rata dari karakter Agronomi.
Hasil penelitian menjukan bahwa pemberian Jangkos di lahan pasiran dibandingkan dengan lahan pasiran tanpa aplikasi Jangkos memberikan pengaruh bedanyata terhadap hasil produksi dan karakter agronomi tanaman kelapa sawit.


Kata kunci : lahan pasiran, Jangkos, curah hujan, hasil produksi dan agronomi tanaman kelapa sawit.

LOADING LIST...
arjuna,prihadi@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...