Betti Yuniasih, S.Si., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH IKLIM MIKRO DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim mikro dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Juni 2018 dengan menggunakan tanah regusol.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Petak Terbagi (split plot). Main plot yaitu iklim mikro A dengan intensitas penyinaran 178 lux, temperatur 28,40℃,dan kelembaban 71,16 %, iklim mikro B dengan intensitas penyinaran 264 lux, temperatur 28,58 ℃, dan kelembaban 71,13 %, iklim mikro C dengan intensitas penyinaran 699 lux, temperatur 28,80 ℃, dan kelembaban 71,04 %, dan sub plotnya berupa frekuensi penyiraman yang terdiri dari penyiraman 1 kali sehari, penyiraman 3 hari sekali, dan penyiraman 5 hari sekali.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim mikro tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tanaman, berat kering tajuk, berat kering akar. Demikian juga pada frekuensi penyiraman tidak memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat segar akar, berat kering tanaman, berat kering tajuk, berat kering akar. Terjadi interaksi antara perlakuan iklim mikro dan frekuensi penyiraman terutama pada berat segar bibit kelapa sawit.
LOADING LIST...
suryanaufal14@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...