E. Nanik Kristalisasi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SISTEM PANEN TERHADAP LOSSES PEMANENAN PADA AREAL BERBUKIT DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan sistem panen terhadap losses pemanenan, mengetahui sistem panen yang paling efektif dalam menekan losses brondolan serta mengetahui pengaruh sistem panen terhadap kualitas buah yang dipanen. Data hasil pengamatan dilapangan selanjutnya dilakukan pengujian dengan menggunakan uji t untuk 2 populasi anggota variable tidak berpasangan atau uji Independent t Test pada jenjang nyata 5%.
Penelitian dilaksanakan di afdeling 1 PT Ketapang Agro Lestari (First Resources Group) yang terletak di Desa Penawang Kecamatan Siluq Ngurai Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan 3 blok ulangan dengan kriteria blok yang digunakan antara lain umur tanaman 6 tahun atau tahun tanam 2012, varietas Dami Mas, kondisi areal berbukit, rotasi panen 6/7, dan bersifat homogen. Setiap blok sampel digunakan 3 pemanen sebagai pemanen sampel. Pemanen yang dipilih sama pada 2 sistem panen yang diteliti. Setiap pemanen dilakukan pengamatan berupa mutu buah, losses brondolan dan kuliatas ancak.
Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa penerapan sistem ancak yang berbeda tidak berdampak pada buah matang, over ripe, dan buah busuk yang dipanen namun berpengaruh pada buah kurang matang. Penerapan sistem panen memberikan pengaruh pada jumlah brondolan tinggal yang terdapat dilapangan dimana brondolan tinggal per ha pada ancak tetap lebih rendah dibandingkan dengan ancak tetap giring permandoran. Sistem panen ancak tetap cenderung lebih baik dalam menekan losses brondolan tinggal jika dibandingkan dengan ancak tetap giring permandoran. Pada kualitas ancak panen, sistem panen berpengaruh besar pada tingginya buah matang yang tidak dipanen atau buah tinggal namun tidak berpengaruh terhadap buah dipotong tertinggal, pokok sengkleh dan over prunning. Secara umum penggunaan ancak tetap lebih baik daripada ancak tetap giring per mandoran yang ditinjau dari kualitas buah yang dihasilkan, losses brondolan tinggal dan kualitas ancak panen.

LOADING LIST...
Febriadi.romadhon@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...