Arum Ambarsari, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS USAHATANI KOPI RAKYAT (Studi Kasus di Desa Huta V Manik Marajah, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara)


Penelitian ini tentang analisis usahatani kopi rakyat (Studi Kasus diDesa Huta V Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara), bertujuan untuk mengetahui pendapatan usahatani kopi dan kelayakan usahatani kopi, mengetahui besar pendapatan dan biaya yang di dapat dan di keluarkan petani.
Metode dasar yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data kemudian dianalisa secara deskriptif dengan tujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat dari suatu keadaan. Metode yang digunakan dalam penentuan daerah penelitian adalah Studi kasus di desa Huta V Manik Marajah, Kecamatan Sidamanik, kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara sebanyak 30 responden.Jenis data yang di gunkan adalah data primer yang di dapat dengan terjun langsung ke tempat penelitiandan data sekunder yang di dapat dari kantor Kecamatan Siadamanik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendapatan usahatani kopi yang ada di Desa Huta V Manik Marajah mengalami pendapatan per usahatani Rp.5.806.133,33/ UT/tahun dan Rp.12.889.615,99/ Ha/ Tahun. R/C ratio 7,2 besarnya pendapatan lebih tinggi dibandingkan dengan besarnya pengeluaran yang ditanggung oleh petani
.
Kata kunci : Analisis , Pendapatan , Usahatani, kopi
LOADING LIST...
romyfransiscanaibaho@gmail.com
Arum Ambarsari, SP., MP (P) - Personal Name
Ir.Listiyani,MP. (p) p - Personal Name
Romi Fransiska Naibaho - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...