idum satya santi, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM MENGGUNAKAN PUPUK KOMPOSTRICHODERMASP DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA MERAH (Lactuca sativa var. Red rapid)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam menggunakan pupuk kompos Trichoderma sp dan NPK terhadap pertumbuhan tanaman selada. Penelitian ini dilaksanakan di tanah petani sekitar di Desa Maguwoharjo, kecamtan Depok, Sleman, DIY. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 2 April - 10 Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi media tanam yang terdiri dari 4 aras yaitu Media tanamtanah regusol : arang sekam : pasir faktor kedua adalah berbagai macam pupuk, yang terdiri dari 3 aras yaitu kontrol(tanpa pupuk), NPK, kompos trichoderma sp. dari kedua faktor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan, ditambah 1 kombinasi kontrol (Tanpa penggunaan pupuk). masing-masing perlakuan di ulang 5 kali, sehingga bahan tanam yang dibutuhkan 4 x 3 x 5 = 60 tanaman. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam atau anova (Analisysis of variance) pada jenjang nyata 5%, apabila terdapat perbedaan perlakuan secara nyata maka pengujian dilanjutkan menggunakan uji jarak berganda atau Duncan (Duncan’s Multiple Range Test/DMRT) pada jenjang nyata 5%.

Tidak terjadi perbedaan nyata di parameter : tnggi tanaman, berat segar tanaman, berat kering tanaman, panjang akar, berat segar akar,berat kering akar, jumlah daun. Komposisi media tanam yang terbaik yaitu : Media tanam tanah: arang sekam : pasir ( 2 : 1 : 1 ), sedangkan pada berbagai macam pupuk yang terbaik yaitu : pupuk kompos Trichoderma sp.

Kata kunci : Media tanam, pupuk NPK, pupuk kompos Trichoderma sp.

LOADING LIST...
sugiajja15@gmail.com
idum satya santi, SP., MP (P) - Personal Name
Hangger Gahara M., S.P., M.Sc. - Personal Name
Sugimin - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...