Ir. Rawana, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SUNGKUP MODIFIKASI TERHADAP PERTUMBUHAN CUTTINGAN ACACIA CRASSICARPA YANG BELUM MENGELUARKAN TUNAS (GRADE E) DI ACLIMATISASI HOUSE AREA (AHA)


Saat ini permasalahan yang terjadi di PT. RAPP khususnya pada kegiatan persemaian adalah pertumbuhan bibit yang ada pada AHA tidak selalu tumbuh dengan baik, sehingga terdapat bibit yang tidak kunjung mengeluarkan tunas serta perakaran yang lambat terutama pada grade E. Sehingga hal ini juga menghambat pertumbuhan tinggi dari tanaman dan memunculkan efek negatif terutama didalam pembiayaan. Maka dari itu muncul suatu terobosan baru untuk merawat kembali tanaman yang tidak mengeluarkan tunas pada grade E tersebut agar dapat mengeluarkan tunas kembali.
Penelitian dilaksanakan di PT.RAPP, Kerinci Central Nursery I, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap di analisis dengan uji ANOVA dan apabila mendapatkan hasil yang beda nyata akan dilanjutkan dengan uji LSD. Namun memliki sedikit modifikasi akibat adanya faktor yang membuat pengacakan sampel tidak sesuai yang diinginkan, dengan menggunakan dua faktor perlakuan. Parameter yang diamati meliputi: quadran Akar dan tinggi tunas dari bibit Acacia crassicarpa sp. setelah dilakukan nya penggunaan sungkup.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sungkup modifikasi ini memiliki efek yang positif dalam perumbuhan bibit Acacia crassicarpa .sp terutama perlakuan dengan menggunakan Sungkup Lapis 1 yang memiliki nilai rata-rata jauh lebih besar dari perlakuan kontrol, sehingga dapat dijadikan rekomendasi terhadap perusahaan untuk dapat melaksanakan nya untuk kegiatan operasional. Adapun Hasil Penelitian ini meliputi: Sungkup Lapis 1 memiliki nilai rata-rata tinggi bibit sebesar 4.1 cm yang memiliki rata-rata quadran akar 1.9 dengan rerata panjang akar 7.2 cm, kemudian diikuti dengan perlakuan Sungkup Lapis 2 yang memiliki nilai rata-rata tinggi tunas sebesar 3.8 cm serta rata-rata jumlah quadran akar 2.2 dengan rerata panjang akar 7.2 cm dan yang terakhir adalah perlakuan control dengan nilai rata-rata tinggi tunas sebesar 3.5 cm, rerata quadran akar 1.7 dan panjang akar 7.5 cm.

LOADING LIST...
derryardiansyah26@gmail.com
Ir. Rawana, MP - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Derry Ardiansyah - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER YOGYAKARTA
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...