Fitri Kurniawati, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA (Zea mays) DI KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa saluran pemasaran jagung di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten, untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran dan untuk mengetahui marjin pemasaran dalam kegiatan dan pelaksanaan pada setiap lembaga pemasaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penentuan lokasi yang akan diteliti dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan sampel secara Snowball Sampling. Jumlah sampel 30 orang responden yang terdiri dari pengurus dari kelompok tani dan anggota kelompok tani.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua saluran pemasaran yang dipilih oleh petani untuk menyalurkan jagung yang dimilki hingga sampai ke tangan konsumen. Efisiensi saluran pemasaran satu sebesar Rp 5.660/Kg dengan nilai harga yang diterima sebesar 0,88% sedangkan efisiensi saluran pemasaran dua sebesar Rp 12.000/Kg dengan nilai harga yang diterima sebesar 26,66%. Marjin pada saluran pemasaran satu sebesar Rp100/Kg sedangkan marjin pada saluran pemasaran dua sebesar Rp 6.420/Kg.

Kata kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Marjin Pemasaran

LOADING LIST...
bobyiskandar97@gmail.com
Fitri Kurniawati, SP., MP - Personal Name
Boby Iskandar - Personal Name
Arum Ambarsari, SP. MP. (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...