Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFISIENSI PENYEMPROTAN MENGGUNAKAN ALAT SEMPROT YANG BERBEDA TERHADAP OUTPUT DAN BIAYA


Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan output dan biaya penyemprotan dengan menggunakan motor sprayer (wintor tus), knapsack sprayer (pb 16) dan cda sprayer (MHS). Penelitian dilaksanakan di kebun Ketapang Agro Lestari, Kutai barat, Kalimantan Timur, dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2018.
Penelitian menggunakan metode pengamatan dan pencatatan hasil kerja secara langsung dimana data-data yang dikumpulkan mula-mula disusun dan kemudian dijelaskan dan selanjutnya di analisa. Pengamatan dilakukan dengan mencatat bagaimana hasil kalibrasi masing-masing jenis alat semprot serta membuat perhitungan biaya alat semprot dalam melakukan kegiatan penyemprotan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyemprotan menggunakan motor sprayer (wintor tus) memiliki hasil kerja (output) yang paling tinggi dengan luasan yang dapat disemprot dalam satu hari 12,50 Ha, sedangkan untuk efisiensi biaya paling tinggi didapat dengan menggunakan cda sprayer (MHS) yang dapat menghemat biaya sebesar Rp.558.048 dibanding menggunakan motor sprayer (wintor tus) dan sebesar Rp.1.858.347 dibanding menggunakan knapsack sprayer (pb 16)

Kata Kunci : penyemprotan, jenis alat semprot, output atau hasil kerja, biaya penyemprotan
LOADING LIST...
suryabimantara19@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...