Dr. Achmad Himawan, S.Si, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN URIN KAMBING DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh urin kambing dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi. Penelitian ini dilaksanakan selama ± 3 bulan dari bulan April sampai dengan bulan Juli 2018 di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama yaitu urin kambing yang terdiri dari 4 aras, yaitu A0 = 0 ml, A1 = 100 ml, A2 = 200 ml, dan A4 = 300 ml. Kemudian faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 3 aras, yaitu T1 = tanpa arang sekam, T2 = tanah regosol dan arang sekam dengan perbandingan 2:1, T3 = tanah regosol dan arang sekam dengan perbandingan 3:1.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tanam yang memiliki hasil terbaik ialah dengan pemberian arang sekam. Pemberian urin kambing tidak memberikan perbedaan yang nyata pada pertumbuhan dan hasil tanaman sawi . Kombinasi urin kambing dan komposisi media tanam memberikan pengaruh nyata terhadap berat segar hasil tanaman, hasil terbaik adalah pada kombinasi urin kambing 100 ml dengan media tanam 2:1 dan urin kambing 300 ml dengan media tanam 3:1.

LOADING LIST...
Salzarullahagustian@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...