Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG KAMBING DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang kambing dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.Penelitian ini dilaksanakan di lahan masyarakat tepatnya di dekat Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga April 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah pupuk kandang kambing yang terdiri dari 4 aras yaitu : P0 tanpa pupuk (0 g), P1 pupuk kandang kambing (50 g), P2 pupuk kandang kambing (100 g), P3 pupuk kandang kambing (150 g). Sedangkan faktor kedua adalah frekuensi penyiraman, yang terdiri dari 3 aras yaitu : 100 ml/hari, 200 ml 2 hari , 300 ml 3 hari. Dari Kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 5x12 = 60 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Tidak terjadi interaksi antara perlakuan pemberian dosis pupuk kandang kambing sebagai campuran media tanam dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pupuk kandang kambing sebagai campuran media tanam memberikan pengaruh yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Frekuensi penyiraman juga tidak mempengaruhi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery.

Kata Kunci: pupuk kandang kambing, frekuensi penyiraman air, bibit
kelapa sawit.

LOADING LIST...
dedirakasetiawan@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...