Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PADA PEMBIBITAN PRE NURSERY TERHADAP KONSENTRASI DAN INTERVAL PEMBERIAN LIMBAH CAIR PABRIK TAHU


Penelitian ini dilaksanakan di tanah petani sekitar di Desa Maguwoharjo, Kecamtan Depok, Sleman, DIY. Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Juli 2018.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama konsentrasi limbah cair tahu yang terdiri dari 4 aras yaitu : 100 ml/l, 200 ml/l, 300 ml/l dan kontrol. Sedangkan faktor kedua adalah interval waktu penyiraman nya, yang terdiri dari 3 aras yaitu : 2 hari sekali, 4 hari sekali, 6 hari sekali. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing dilakukan 5 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 5x12 = 60 polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara limbah cair tahu dan interval waktu penyiraman nya terhadap semua parameter pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan konsentrasi limbah cair tahu tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada parameter tinggi bibit, jumlah daun, luas daun, berat segar tajuk, berat kering tajuk, panjang akar tunggang, berat segar akar, berat kering akar, kecuali diameter batang.
Kata kunci : kelapa sawit, bibit, limbah cair tahu.

LOADING LIST...
Renhatdbarus1996@gmail.com
Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p) - Personal Name
Ir. Enny Rahayu, MP. - Personal Name
RENHATD BARUS - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...