Dr. Y. Th. Maria Astuti, M. Si (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA DI KEBUN KELAPA SAWIT TBM DAN TM DI LAHAN GAMBUT PTPN V SEI GALUH PROVINSI RIAU


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gulma yang tumbuh pada kebun kelapa sawit TBM dan TM, serta untuk mengetahui jenis gulma dominan, daur hidup dan bentuk morfologinya. Penelitian ini dilakukan di PTPN V, yang berlokasi di, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pada bulan september sampai oktober 2018.
Penelitian ini merupakan metode survei untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis vegetasi dengan menggunakan metode kuadrat. Dari data kerapatan, frekuensi dan berat kering setiap jenis gulma maka dapat dicari ketetapan mutlak Kerapatan Mutlak (KM), Frekuensi Mutlak (FM), Dominansi Nisbi (DN), dan Summed Dominance Ratio (SDR). Berdasarkan SDR setiap jenis gulma dapat dicari koefisien komunitas gulma.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada jenis gulma yang tumbuh mendominasi di kebun TBM maupunTM.Komunitas gulma di areal TBM dengan TM berbeda.Di areal TBM di dominansi gulma tahunan, sedangkan di areal TBM di dominansi gulma semusim.Sebaiknya di areal TBM digunakan herbisida sistemik non selektif, sedangkan di areal TM digunakan herbisida kontak.

Kata Kunci :Komposisi Gulma, TBM dan TM Kelapa Sawit mutlak Kerapatan Mutlak (KM), Frekuensi Mutlak (FM), Dominansi Nisbi (DN), dan Summed Dominance Ratio (SDR).
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...