Dra. Suprih Wijayani, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI TUMBUHAN BERMANFAAT DAN TUMBUHAN ASING DI KEBUN PLASMA PADA BERBABAGI UMUR DAN BERBAGAI JENIS TANAH


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tumbuhan bermanfaat dan tumbuhan asing (invasif plant) yang tumbuh diperkebunan kelapa sawit plasma pada tanah mineral dan tanah gambut. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 april sampai 30 april di perkebunan Plasma yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Dalam metode survei informasi dikumpulkan dari perkebunan kelapa sawit dengan menggunakan metode analisis vegetasi. Tujuan metode survei dapat merupakan pengumpulan data sederhana, seperti keadaan vegetasi di perkebunan , tumbuhan bermanfaat dan tumbuhan asing dan lain sebagainya. Tujuan lainnya dapat pula lebih jauh dari itu, bersifat menerangkan dan menjelaskan, yakni mempelajari fenomena dilapangan dengan meneliti hubungan variabel dan penelitian
Pada asosiasi tanaman pertanian atau perkebunan merupakan hal yang lazim, yang mana tumbuhan pada lahan pertanian atau perkebunan tidak akan mungkin terdapat lahan yang clean weeding, pada lahan tersebut akan terdapat gulma yang akan menjadi daya saing pada tanaman utama, tidak terkecuali tanaman kelapa sawit. Pada lahan kelapa sawit yang jadi bahan objek penelitian di tanah gambut maupun mineral tidak terdapat SDR gulma yang mendominasi melebihi 50%, pada nilai keseragaman gulma dari 2 tahun tanam hanya 1 koefisien komunitas yang melebihi 75% yaitu di tanah mineral TT 1989 dan TT 2001 dan pada areal tanaman kelapa sawit bahwasanya terdapat beberapa tumbuhan asing (invasif plant) dan tumbuhan bermanfaat.
Tumbuhan asing (invasif plant) yang terdapat pada lahan gambut dan mineral pada kebun plasma yaitu Ageratina riparia, Asystasia gengatica, Cinchona pubescens, Cinchona calisaya, Cissus sicyoides, Clidemia hirta ,Crassocephalum crepidioides, Euphorbia heterophylla, Imperata cylindrica, Ipomoea carnea, Ipomoea indica, Ipomoea triloba, Lantana camara, Melastoma malabathricum, Mikania micrantha, dan Rivina humilis. Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan asing (invasif plant) di lahan gambut dan mineral di kebun plasma yang hidupnya harus dikendalikan atau dibasmi agar tanaman utama atau tanaman kelapa sawit dapat terjaga dan hidup tumbuh dengan baik.
Tumbuhan bermanfaat yang terdapat pada lahan gambut dan mineral dikebun plasma yaitu Calopogonium mucunoides, Nephrolepis biserrata dan Nephrolepis cordifolia. tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang bermanfaat pada lahan gambut dan mineral di kebun plasma yang hidupnya perlu dijaga dan dipertahankan untuk kelangsungan hidup tanaman utama atau tanamana kelapa sawit.

Kata kunci: tumbuhan bermanfaat, tumbuhan asing (invasif plant), berbagai umur dan berbagai jenis tanah

LOADING LIST...
prayogie.budiono@gmail.com
Dra. Suprih Wijayani, M.Si - Personal Name
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
PRAYOGIE - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...