Ir. Sugeng Wahyudiono, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI TEKNOLOGI GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM)DALAM MONITORING PENYEBRAN GULMA DI PERKEBUNAN KELPA SAWIT


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas penyebaran gulma serta luas wilayah tiap kelas intensitas dengan mengaplikasikan teknologi GIS (Geographic Information System) untuk mempermudah kegiatan monitoring Gulma pada suatu blok di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksakan di PT. Wawasan Kebun Nusantara, kebun WKN II, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan peta kebun yang didapatkan dari Asssiten SIG di kebun WKN II lalu memotong bagian peta blok I.8 yang kemudian dibagi lagi menjadi 23 bagian. Pengambilan sampel gulma menggunakan petak sapel berukuran 1 m x 1 m yang di lempar pada setiap baris sampel sebanyak 5 kali sehingga didapatkan sebanyak 118 sampel. Data sampel gulma tersebut lalu di innput ke dalam ArcGIS 10.2 untuk di overlay dan skoring.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Blok I.8 memiliki 4 kelas intesitas yakni: Sangat rendah, rendah, Sedang, dan Tinggi. Kelas yang memiliki luas wilayah paling tinggi adalah kelas intensitas rendah dengan luas 7,22 hektare dan yang paling rendah kelas intensitas sangat rendah dengan luas 3,61 hektare.
Kata Kunci : Data Sampel Gulma, Peta Blok, Peta Intensitas Penyebaran Gulma, Peta Luas Intensitas Penyebaran Gulma.
LOADING LIST...
naiborhuwandari@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...