Mardi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PENYEMPROTAN GULMA ROUND 1 PADA TANAMAN Eucalyptus spp. DI TANAH MINERAL ESTATE LOGAS


INTISARI
Produktivitas dan kualitas merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan dalam pekerjaan. Didalam kegiatan penyemprotan gulma pada round rendah yaitu round 1 (umur 1 bulan), round 2 (umur 3 bulan) dan round 3 (umur 5 bulan) dikerjakan oleh kru own labour. Own labour merupakan tenaga kerja tetap non grade yang dimiliki oleh perusahaan yang berfokus pada pekerjaan pengendalian gulma baik secara manual maupun penyemprotan menggukan herbisida. Diadakannya own labour ini bertujuan untuk mendapatkan hasil produktivitas maupun kualitas pengendalian gulma yang lebih baik dibandingkan dengan jasa kontraktor.

Penelitian ini dilakukan di kompartemen Logas Utara (LON) C.127, Logas Selatan (LOS) D.045 dan Logas Selatan (LOS) D.086 Estate Logas PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper), Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan di areal tanaman Eucalyptus spp. Kegiatan penyemprotan gulma round 1 dilakukan pada umur 1 bulan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Parameter yang diamati meliputi: Produktivitas titik tanam per orang/kep, Persentase Borerria latifolia (Kentangan) dan kualitas hasil penyemprotan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produktivitas hasil kerja penyemprotan guma yang dikerjakan oleh own labour laki-laki sama dengan produktivitas hasil kerja own labour perempuan. Persentase gulma Borerria latifolia 40% berpengaruh nyata terhadap penurunan produktivitas hasil kerja penyemprotan gulma. Nilai rata-rata produktivitas titik tanam tertinggi terdapat pada areal dengan persentase gulma Borerria latifolia 25% sebesar 597 titik tanam per orang/hari. Sedangkan nilai rata-rata produktivitas titik tanam terendah terdapat pada areal dengan persentase gulma Borerria latifolia 40% sebesar 556 titik tanam per orang/hari.

Kata kunci : Own labour, Produktivitas, Kualitas, Borerria latifolia

LOADING LIST...
mardikurnia05@gmail.com
Mardi - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Yuslinawari, S,Hut., M.Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...