Ir. Enny Rahayu, MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbandingan Volume Abu Sekam Dan Tanah Regosol Sebagai Media Dan Pemberian Pupuk Urea Untuk Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursary


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanah regosol dan abu sekam sebagai komposisi media tanam dan pemberian pupuk urea serta interaksinya terhadap pembibitan kelapa sawit pre nursery, telah dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) INSTIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ketinggian 118 meter di atas permukaan laut pada bulan Oktober 2018 sampai Januari 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan pola faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL), terdiri atas dua faktor. Faktor I adalah campuran media tanam Abu Sekam terdiri dari 4 aras : tanpa campuran media tanam, campuran media tanam regusol : abu sekam = 1 : 1, 2 : 1 dan 3 : 1. Faktor II adalah Dosis Pupuk Urea terdiri dari 4 aras : tanpa dosis, 0,1% , 0,2% dan 0,3%. Setiap perlakuan terdiri dari 3 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance dan Duncan New Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5% untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan komposisi media tanam dan konsentrasi pupuk urea tidak menunjukkan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Perlakuan Komposisi media tanam tanpa abu sekam menunjukkan pertumbuhan yang paling baik. Perlakuan konsentrasi pupuk urea menunjukkan pengaruh yang sama pada pertumbuhan bibit kelapa sawit.

Kata kunci : Bibit Pre Nursery, campuran media tanam, pupuk urea.
LOADING LIST...
dediwinarto43@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP. (P) - Personal Name
Dedi Winarto - Personal Name
Ir. Neny Andayani, MP. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...