Dr. Ir. Herry Wirianata, MS.(p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PRODUKTIVITAS KELAPA SAWIT PADA LAHAN YANG DIAPLIKASI TANDAN KOSONG DAN PUPUK ANORGANIK


INTISARI


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi tandan kosong kelapa sawit terhadap produksi kelapa sawit telah dilakukan di PT. Limpah Sejahtera(First Resources Grup) yang terletak di Sei Melayu, Ketapang, Kalimantan Barat pada bulan September sampai November 2018.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey agronomi dengan melakukan pengukuran karakter agronomi pada 3 blok yang diaplikasi tandan kosong yang dikombinasi dengan pupuk anorganik dan 3 blok yang diaplikasi pupuk anorganik. Pada setiap blok diambil masing-masing 30 sampel pokok dengan mengikuti penentuan sampel LSU(Leaf Sampling Unit) dengan total 6 x 30 = 180 sampel pokok. Disamping itu, juga menggunakan data-data sekunder yang meliputi data produksi 5 tahun terakhir, data pemupukan, data jenis tanah, data kesesuaian lahan, dan data curah hujan 8 tahun terakhir(2011-2018). Data produksi dan karakter agronomi yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji t pada jenjang nyata 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tandan kosong yang dikombinasi dengan pupuk anorganik memberikan pengaruh yang sama dengan aplikasi pupuk anorganik. Produksi pada lahan aplikasi tandan kosong yang dikombinasi dengan pupuk anorganik sudah mencapai potensi produksinya, sedangkan pada lahan yang diaplikasi pupuk anorganik pada tahun 2017-2018 turun hingga di bawah potensi produksinya. Hasil pengukuran karakter agronomi menunjukkan bahwa pada lahan aplikasi tandan kosong yang dikombinasi dengan pupuk anorganik mendapatkan lebar petiola dan berat tandan yang lebih tinggi dibandingkan lahan yang tanpa aplikasi tandan kosong.


Kata kunci : Produktivitas, Tandan kosong, Karakter agronomi


LOADING LIST...
Ahmadhamdan731@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...