Ir. Enny Rahayu, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK BRIKET DARI BERBAGAI BAHAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SAWI HIJAU


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk briket dari berbagai macam bahan organik terhadap pertumbuhan dan hasil sawi hijau. Penelitian telah dilaksanakan di lahan yang terletak di Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan factorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (Completely Ramdomized Design). Faktor pertama yaitu dosis pupuk briket (50 gr, 100 gr, 150 gr) dan faktor kedua yaitu macam bahan organik (kotoran kambing, kascing, sampah daun dan baglog), dengan 3 ulangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk briket yang terbaik uantuk pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hiaju adalah 150 gr akan tetapi tidak berbeda nyata dengan aras yang lain. Macam bahan organik yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil sawi hijau adalah sampah daun. Kombinasi dosis pupuk briket dan macam bahan organik tidak memberikan interaksi.
Kata Kunci : Dosis Briket, Organik, Sawi Hijau.
LOADING LIST...
roidaats@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...