Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Identifikasi Tumbuhan Bermanfaat dan Tumbuhan Asing di Perkebunan Kelapa Sawit Pada Tanah Mineral dan Gambut Dengan Berbagai Tingkat Umur Tanaman


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui jenis tumbuhan bermanfaat dan tumbuhan asing yang terdapat pada lahan mineral dan lahan gambut dengan umur tanaman kelapa sawit yang berbeda beda.. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 April-10 Mei 2018 di PT. Perkebunan Nusantara V, Sungai Lala, Kabupaten Indragiri Hulu, RIAU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survei dan pengamatan terhadap jenis tumbuhan bermanfaat dan tumbuhan asing di perkebunan kelapa sawit pada lahan mineral dan gambut. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat. Pengamatan dilakukan pada frame berukuran 100cm x 100cm.
Hasil analisis menunjukkan pada lahan kelapa sawit tanah mineral dan tanah gambut, tidak terdapat SDR gulma yang mendominasi melebihi 50% dan pada nilai keseragaman koefisien komunitas pun tidak ada yang melebihi 75% yang artinya gulma pada tanah mineral dan gambut tidak seragam.

Kata kunci : tumbuhan bermanfaat, tumbuhan asing, tanah mineral, tanah gambut, SDR, koefisien komunitas.
LOADING LIST...
sandy.pangestu97@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Dra. Suprih Wijayani, M.Si. - Personal Name
Sandy Pangestu - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...