ROBET; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Penyalutan kentang goreng dengan variasi jenis dan konsentrasi penyalut


Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh penyalutan HPMC dan CMC serta knsentrasi larutan pencelupan terhadap penyerapan minyak kentang goreng pada proses penggorengan.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap dengan dua faktor. Faktor pertama yaitu penambahan berbagai variasi edible coating dengan dua taraf yaitu A1 = HPMC (Hidroksil propil metil selulosa), A2 = CMC (Karboksil metil selulosa). Faktor kedua yaitu konsentrasi larutan edible coating dengan tiga taraf yaitu, B1 = 1%, B2 = 2%, B3 = 3%. Kentang goreng rendah lemak yang dihasilkan dianalisis meliputi kadar minyak / lemak, kadar air, tekstur kekerasan, dan uji organoleptik kesukaan aroma, warna dan rasa, dan tekstur.
Jenis penyalut tidak berpengaruh nyata terhadap kadar lemak, kadar air, tekstur kekerasan, dan organoleptik. Konsentrasi penyalut berpengaruh nyata terhadap kadar air, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar minyak, tekstur kekerasan, dan organoleptik. Penurunan kadar minyak tertinggi terdapat pada kentang goreng dihasilkan dengan penyalut CMC 3%. Berdasarkan skor organoleptik keseluruhan kentang goreng dengan jenis penyalut yang paling disukai adalah HPMC TKKS dengan skor 4.37. sedangkan konsentrasi penyalut paling disukai adalah pada konsentrasi 2% dengan skor kesukaan 4.64.





Kata kunci : HPMC, CMC, Absorbsi minyak, Kentang goreng
LOADING LIST...
robertorobst@gmail.com
ROBET - Personal Name
NONE
Text
INSIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...