Ir. Ni Made Titiaryanti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN MOL REBUNG BAMBU DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE - NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian MOL rebung bambu dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre – nursery. Penelitian ini dilaksanakan selama ± 3 bulan dari bulan maret sampai dengan bulan juni 2018 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan factorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama yaitu dosis MOL rebung bambu yang terdiri dari 5 aras, yaitu R0 = Pupuk NPKMg + Urea, R1 = 50 ml/bibit, R2 = 100 ml/bibit, R3 = 150ml/bibit, R4 = 200 ml/bibit. Kemudian faktor kedua adalah komposisi media tanam yang terdiri dari 3 aras, yaitu S1 = Pasiran 1 : 1 Lempungan, S2 = Pasiran 1 : 2 Lempung, S3 = Pasiran 2 : 1 Lempung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara dosis MOL rebung bambu dan komposisi media tanam pasiran : lempung terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre – nursery. Pemberian MOL rebung bambu tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre – nursery. Perlakuan kontrol dengan pupuk NPKMg + Urea memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi bibit, jumlah daun, jumlah klorofil, diameter batang, berat segar tanaman, berat kering tanaman.

Kata kunci : MOL rebung bambu, komposisi media tanam, bibit kelapa sawit.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...