Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP(P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI ALAT PENCUCI KEDELAI PADA INSDUSTRI KECIL PENGOLAHAN TEMPE


APLIKASI ALAT PENCUCI KEDELAI PADA INDUSTRI
KECIL PENGOLAHAN TEMPE
Rajib Dolar Saristiono1, Nuraeni Dwi Dharmawati2, Christina WAD3
[1] Mahasiswa, [2] Dosen Pembimbing, [3] Dosen Penguji
Jurusan Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian STIPER Yogyakarta. Jl. Nangka II, Maguoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281, Indonesia
INTISARI
Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus, makanan ini banyak disukai karena rasanya yang lezat, harganya murah dan mudah didapat. Proses pembuatan tempe skala rumah tangga umumnya masih dilakukan dengan cara tradisional atau manual terutama pada proses pencucian kedelai yang akan diolah menjadi tempe. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah diaplikasikan alat pencuci kedelai yang digerakkan oleh motor listrik.
Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan alat pencuci kedelai untuk mengkaji secara teknis : kapasitas kerja alat, efisiensi alat, efisiensi air dan menganalisa kelayakan ekonomis dengan parameter : NPV, BCR, BEP dan PBP.
Hasil penelitian alat pencuci kedelai dengan prinsip putaran kipas, diperoleh kapasitas kerja alat sebesar 63,6 kg/jam dengan efisiensi 60,5 % yang dapat menghemat air pengolahan sebesar 50%; Analisis kelayakan ekonomi diperoleh nilai Net Present Value sebesar Rp. 75.553.835, nilai Benefit Cost Ratio sebesar 1,98 sehingga dapat dinyatakan layak investasi (feasible); dengan nilai Break Event Point sebesar 28.784 unit dan Pay Back Periode sebesar 6,3 bulan.
Kata kunci : Kedelai, Tempe, Mesin Pencuci, Analisa Teknik, Analisa Kelayakan
Ekonomi

LOADING LIST...
dolarsaristiono@gmail.com
NONE
Text
INSIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...