Ir. Sri Hastuti, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK SEREH WANGI SEBAGAI ANTI MIKROBIA DAN PLASTICIZER GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK BIODEGRADABLE PLASTIC DARI PATI UMBUT KELAPA SAWIT ( Elaeis guineensis Jacq )


PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK SEREH WANGI SEBAGAI ANTI MIKROBIA DAN PLASTICIZER GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK BIODEGRADABLE PLASTIC DARI PATI UMBUT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)
Ibnu Yuri Alhafis
15/17700/THP/STPK-A
Intisari
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh persentase penambahan minyak sereh wangi dan plasticizer gliserol terhadap karakteristik biodegradable plastic pati umbut kelapa sawit yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan 2 factor dan 2 kali ulangan sebagai Blok. Faktor I yaitu persentase penambahan minyak sereh wangi (A) dengan 3 taraf : A1=0,5%, A2=1%, A3=1,5%. Faktor II persentase penambahan gliserol (B) dengan 3 taraf : B1 =5%, B2=7%, B3=9%. Biodegradable plastic pati umbut kelapa sawit yang di hasilkan di analisis kuat tarik, perpanjangan putus, ketebalan, zona penghambat mikrobia, laju transmisi uap air.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penambahan minyak sereh wangi berpengaruh terhadap ketebalan, zona penghambat mikrobia, tetapi tidak berpengaruh terhadap kuat tarik, perpanjangan putus, laju transmisi uap air biodegrdable plastic pati umbut kelapa sawit. Persentase penambahan gliserol berpengaruh terhadap kuat tarik, ketebalan, zona penghambat mikrobia, tetapi tidak berpengaruh terhadap perpanjangan putus, laju transmisi uap air biodegrdable plastic pati umbut kelapa sawit.
Hasil terbaik terdapat pada persentase penambahan minyak sereh wangi A2=1% yang di dukung oleh kuat tarik 0,40 Mpa, perpajangan putus 28,68%, ketebalan 0,29 mm, zona penghambat mikrobia 1,38 cm, laju transmisi uap air 0,0024 g.cm/cm2.jam. Hasil terbaik juga terdapat pada persentase penambahan gliserol B3=9% yang di dukung oleh kuat tarik 0,19 Mpa, perpajangan putus 27,57%, ketebalan 0,31 mm, zona penghambat mikrobia 1,41 cm, laju transmisi uap air 0,0021 g.cm/cm2.jam.
Katakunci : Minyak sereh wangi, gliserol, biodegradable plastic pati umbut batang kelapa sawit

LOADING LIST...
ibnuyurialhafis13@gmail.com
Ir. Sri Hastuti, MS - Personal Name
Ngatirah, SP. MP (P) - Personal Name
Ibnu Yuri Alhafis - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...