Ngatirah, SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EKSTRAKSI ALFHA SELULOSA DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS) MELALUI HASIL DILIGNIFIKASI DENGAN SUHU DAN WAKTU YANG BERBEDA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu delignifikasi terhadap alfha selulosa yang di peroleh serta menentukan suhu dan waktu delignifikasi yang dapat menghasilkan alfha selulosa yang tertinggi.
Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap ( RBL) yang terdiri dari dua factor yang pertama suhu delignifikasi terdiri atas 3 tahap yaitu T1 (900C), T2 (950C), T3(1000C) factor kedua adalah waktu delignifikasi terdiri atas 3 tahap yaitu S1 (40 menit), S2 (45 menit), S3 (50 menit) pada selulosa yang dihasilkan di evaluasi melalui analisis kadar alfha selulosa, beta selulosa, gamma selulosa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suhu delignifikasi berpengaruh terhadap rendemen selulosa, namun tidak berpengaruh terhadap rendemen lignin, hemiselulosa, kadar alfha selulosa, beta selulosa, dan gamma selulosa. Waktu delignifikasi berpengaruh terhadap rendemen selulosa dan hemiselulosa namun tidak berpengaruh terhadap rendemen lignin, kadar alfha selulosa, beta selulosa, dan gamma selulosa. Setelah itu rendemen selulosa tertinggi diperoleh pada suhu delignifikasi 950 C dan waktu delignifikasi 30 menit yaitu, sedangkan kadar alfha selulosa tertinggi di peroleh pada suhu delignifikasi 1000 c dan waktu delignifikasi 50 menit.

Kata kunci : Tandan Kosong Sawit, Lignin, hemiselulosa, alfha selulosa,beta selulosa, gamma selulosa.

LOADING LIST...
Ngatirah, SP. MP - Personal Name
Ir. Siti Achadiyah, MS (P) - Personal Name
MHD FUAD HADI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...