Dr. Maria Ulfah, STP, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGENDALIAN MUTU PROSES PRODUKSI CPO DAN PENGARUH PENAMBAHAN CPO HASIL PENGUTIPAN SLUDGE TERHADAP KUALITAS CPO YANG DIHASILKAN


Telah dilakukan penelitian mengenai kajian mutu proses produksi CPO dan pengaruh penambahan CPO hasil pengutipan dari sludge terhadap kualitas CPO yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsistensi mutu CPO hasil produksi di pabrik kelapa sawit Ungkaya PT. Tamaco Graha Krida, kapabilitas proses produksi CPO dan pengaruh penambahan CPO yang berasal dari sludge terhadap kualitas CPO yang dihasilkan.
Metode analisis yang digunakan adalah Statistical Process Control, dengan alat bantu analisis pengendalian mutu menggunakan peta kendali dan diagram tebar untuk mengetahui korelasi antara CPO hasil pengutipan sludge terhadap CPO yang dihasilkan.
Berdasarkan peta kendali dapat diketahui bahwa Konsistensi mutu CPO di PT. Tamaco Graha Krida, berdasarkan standar SNI, proses yang terkendali adalah FFA dan DOBI, sedangkan proses yang belum terkendali adalah moisture dan impurities. Berdasarkan standar pabrik, proses yang terkendali adalah DOBI, sedangkan proses yang belum terkendali adalah FFA, moisture dan impurities. Kapabilitas proses produksi yang baik pada FFA dan DOBI sedangkan kapabilitas proses yang kurang baik pada impurities dan moisture. Berdasarkan hasil analisis diagram tebar dapat diketahui bahwa hubungan yang berkorelasi negatif lemah adalah FFA CPO sludge terhadap FFA CPO produksi, korelasi moisture CPO sludge terhadap FFA CPO produksi dan korelasi emulsi CPO sludge terhadap moisture CPO produksi. Sedangkan hubungan yang berkorelasi positif lemah adalah moisture CPO sludge terhadap moisture CPO Produksi, korelasi impurities CPO sludge terhadap impurities CPO produksi, dan korelasi emulsi sludge terhadap FFA CPO produksi. Kualitas CPO yang dihasilkan di PT. Tamaco Graha Krida yang sudah memenuhi SNI adalah FFA dan DOBI. Sedangkan yang telah memenuhi standar pabrik adalah DOBI.

LOADING LIST...
angelaobosan18@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...