Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA MUTU MINYAK PRODUKSI DARI VACUUM DRYER DI PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DAN TEMPERATUR


ANALISA MUTU MINYAK PRODUKSI DARI VACUUM DRYER DI PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DAN TEMPERATUR
Ohan Taufiq[1], Harsunu Purwoto[2], Kuni Faizah[2]
[1] Mahasiswa, [2] Dosen Pembimbing Skripsi

INTISARI

Vacuum dryer alat yang penting dalam proses pengolahan CPO terutama proses klarifikasinya. Kualitas CPO sangat dipengaruhi oleh kinerja alat ini. Tekanan dan ukuran nozzle merupakan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan. Penentuan tekanan dan ukuran nozzle yang sesuai serta pengecekan kelengkapan peralatan yang ada pada alat vacuum dryer yang sesuai degan standar sehingga bisa menyelesaikan pemasalahan dan mengahasilkan mutu minyak produksi yang berkualitas.
Tujuan peneelitian adalah (a) Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dari alat vacuum dryer, (b) Menentukan tekanan dan ukuran nozzle sehingga menghasilkan mutu minyak produksi berkualitas sesuai dengan standar.
Berdasarkan dari analisa dengan nilai kadar air tertinggi adalah 0,22% pada suhu 70oC dengan kevakuman 0,79 Bar, tinggi kadar air pada suhu 70oC disebabkan karena tingkat kevakuman dari vacuum dryer yang rendah yaitu 0,79 Bar.Semakin kecil tekanan udara akan semakin besar kemampuan udara untuk mengangkut air selama pengeringan, karena dengan semakin kecilnya tekanan berarti kerapatan udara semakin berkurang sehingga uap air dapat lebih banyak tertampung dan disingkirkan dari bahan yang dikeringkan (minyak ).Hasil analisis laboratorium yang telah dilakukan didapat nilai FFA pada tekanan 0,79 Bar dengan suhu 70°C sebesar 3,66. Pada tekanan 0.84 Bar dengan suhu 70°C didapat persen FFA sebesar 3,42%. Pada tekanan 0.77 Bar dengan suhu 75°C didapat persen FFA sebesar 3,25%.Hasil analisis variasi tekanan pada gambar 4.6 menunjukan pada tekanan 0.79 Bar dengan suhu 70oC sebesar didapat nilai kadar kotoran sebesar 0,019%. Pada tekanan 0,84 Bar dengan suhu 70oC didapat nilai kadar kotoran sebesar 0,019%.

Kata Kunci : Vacuum Dryer, temperatur, suhu.

LOADING LIST...
ohant9979@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Kuni Faizah, S.Si., M.Sc - Personal Name
OHAN TAUFIQ - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...