Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN BODY LOTION DENGAN PENAMBAHAN GLISERIN DAN EKSTRAK BIJI BUAH ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL)


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persentase penambahn gliserin dan persentase penambahan ekstrak biji buah alpukat terhadap sifat fisik, kimia dan sensori body lotion yang dihasilkan. Kemudian menentukan persentase penambahan gliserin dan ekstrak biji buah alpukat untuk menghasilkan body lotion yang disukai konsumen
Percobaan ini mengunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dua faktor yaitu faktor pertama adalah persentase penambahan gliserin dengan 3 taraf yaitu A1= 10 %, A2= 15%, A3= 20%. Faktor kedua yaitu persentase penambahan ekstrak biji buah alpukat dengan 3 taraf faktor yaitu B1= 0,5%, B2= 0,75%, B3= 1%. Body lotion yang dihasilkan kemudian di analisis pH, viskositas, vit E, antioksidan,serata uji sensori warna dan daya lengket.
Hasil lotion yang didapatkan menunjukan penambahan gliserin berpengaruh terhadap nilai viskositas, vitamin E, dan aktivitas antioksidan tetapi tidak berpengaruh terhadap uji pH, uji sensori warna dan daya lengket. Penambahan ekstrak biji buah alpukat berpengaruh terhadap uji vitamin E dan aktivitas antioksidan tetapi tidak berpengaruh terhadap uji pH, viskositas, uji sensori warna dan daya lengket. Dari uji sensori yang paling banyak disukai adalah A3B3 yaitu dengan penambahan gliserin sebanyak 20% dan penambahan ekstrak biji alpukat sebanyak 1% dengan nilai pH yaitu 7,84%, vitamin E yaitu 0,33%, antivitas antioksidan yaitu 65,94%, viskositas yaitu 9,00%, uji sensori warna yaitu 3,95% dan daya lengket yaitu 3,92%.

LOADING LIST...
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
SITI NURHALIZA - Personal Name
Ir. Kusumastuti, M.Sc (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...