Titin Setyorini,Sp.,M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Macam Pupuk Kandang dan Macam Varietas Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Hijau


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk kandang dan macam vrietas terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau, telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ketinggian tempat penelitian Kurang Lebih 118 meter di atas permukaan laut. Penelitian dilakukan selama + 2 bulan yaitu pada bulan April 2018 sampai Mei 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan factorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap, yang terdiri atas dua vaktor yaitu macam pupuk kandang yang terdiri dari 3 aras yaitu : kontrol (Tanah+NPK), pupukkandang sapi, dan pupuk kandang kambing dan macam varietas yang terdiri dari 3 aras yaitu : varietas Shinta, varietas Tosakan, dan varietas Nauli F1. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis Of Variance dan Duncan Multiple Range Tes (DMRT) pada jenjang nyata 5%
Hasil penelitian menunjukan ada interaksi nyata antara macam pupuk kandang dan macam varietas terhadap luas daun, berat segar tajuk, berat segar tanaman, dan berat segar akar. Kombinasi terbaik pada perlakuan pupuk kandang sapi dengan varietas Shinta. Macam pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, volume tanaman dan jumlah akar. Perlakuan terbaik dihasilkan pupuk kandang sapi. Macam varietas berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan jumlah akar. Varietas Shinta menghasilkan pengaruh yang paling baik.

Kata Kunci : Macam Pupuk Kandang, Macam Varietas, Sawi Hijau

LOADING LIST...
esaprasetyonugroho05@gmail.com
Titin Setyorini,Sp.,M.Sc. - Personal Name
Esa Prasetyo Nugroho - Personal Name
Ir. Neny Andayani,MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...