Ir. Enny Rahayu, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH UKURAN POLYBAG DAN DOSIS PUPUK NPK PADA TANAH LATOSOL TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran polybag dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini di laksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian ( KP 2 ) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pada ketinggian tempat 118 mdpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah ukuran polybag terdiri dari 3 aras yaitu ukuran polybag 10 x 15 cm, 15 x 21 cm dan 25 x 25 cm. Faktor kedua adalah dosis pupuk NPK terdiri dari 3 aras yaitu 2g/bibit, 4g/bibit dan 6g/bibit. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analysis Of Variance) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan dan DMRT (Duncan Multiple Range) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan tidak ada interaksi nyata antara ukuran polybag dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Ukuran polybag memberikan pengaruh nyata, ukuran polybag terkecil 10 x 15 cm terendah pertumbuhan bibitnya dibandingkan ukuran polybag yang lebih besar. Pemberian pupuk NPK dengan dosis 0g, 2g, 4g dan 6g memberikan pengaruh nyata, Pemupukan 0g/tanaman lebih baik pada berat segar akar berat kering akar dan panjang akar primer.


Kata kunci : ukuran polybag, dosis pupuk NPK, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
wiryaadi97@gmail.com
Ir. Enny Rahayu, MP - Personal Name
Wirya Adi Pratama - Personal Name
Ir. Ety Rosa Setyawati M,Sc (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...