Fitri Kurniawati, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ALAT TRANSPORTASI DI KEBUN AIR BATU PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV KABUPATEN ASAHAN, PROVINSI SUMATERA UTARA


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis - jenis alat angkut dari TPH ke PKS, mengetahui produktivitas alat angkut yang digunakan dalam pengangkutan TBS dari TPH ke PKS, dan kendala - kendala yang dihadapi dalam pengangkutan dari TPH ke PKS. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei 2018 yang bertempat di PT. Perkebunan Nusantara IV, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan blok atau lahan yang diteliti di tempat penelitian tersebut datar dan tidak berbukit.
Hasil penelitian menunjukan Alat angkut TBS yang digunakan dari TPH ke pabrik adalah truck dan dump truk. Produktivitas alat angkut truck yaitu 4.801 kg/jam lebih kecil dibandingkan dengan produktivitas dump truck yaitu sebesar 5.253,73 kg/jam dengan selisih 452,73 kg/jam. Pengangkutan menggunakan dump truck lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan truck. Hal ini dilihat dari hasil efektivitas kerja dump truck yaitu 5.287,78 kg/jam lebih besar dari pada efektivitas truck yaitu 4.809,14 kg/jam dengan selisih 478,63 kg/jam. Kendala dalam pengangkutan yaitu kurang efektifnya alat angkut truck sehingga menjadi lebih lama dalam penyelesaian pengangkutan TBS, membuat perusahaan memerlukan alat angkut tambahan yaitu dump truck untuk mengefektifkan waktu pengangkutan TBS ke pabrik.

Kata kunci : Efektivitas, Efesiensi, Pengangkutan TBS, Produktivitas.

LOADING LIST...
rezkyencek@yahoo.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...