Dr. Fahmi Wiryamarta Kifli, S.Hut, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN TENAGA KERJA PANEN KELAPA SAWIT (Elai Geneni Jac) DI TONAM RAYA ESTATE, WILAYAH 5, PT BUMITAMA GUNAJAYA AGRO (bga)


Penelitian dengan judul Manajemen Tenaga Kerja Panen Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Tonam Raya Estate, Wilayah 5, PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan panen kelapa sawit dan manajemen tenaga kerja panen di Tonam Raya Estate wilayah 5 PT Bumitama Gunajaya Agro.
Metode dasar yang digunakan dalamp penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode Purposive Sampling. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu dengan mengambil sampel sebanyak 30 orang tenaga kerja panen, masing-masing per mandor diambil 10 orang tenaga kerja panen.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pengelolaan panen di Tonam Raya Estate Wilayah 5 PT BGA sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sudah sesuai dengan peraturan panen perusahaan; (2) Manajemen tenaga kerja di Tonam Raya Estate Wilayah 5 PT BGA sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari komitmen perusahaan terhadap kompensasi kepada tenaga kerja panen. Sebagai bentuk kompensasi tersebut yaitu pemberian premi bagi pemanen yang memperoleh lebih basis setiap harinya. Hanya saja untuk kedisiplinan dalam memanen masih kurang. Baik asisten maupun mandor tidak memberlakukan sanksi/denda kepada pemanen yang melakukan pelanggaran
LOADING LIST...
serennah0@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...