Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISA PERBANDINGAN MUTU KELUARAN PADA HYDROCYCLONE DAN CLAYBATH DI STASIUN NUT DAN KERNEL


ANALISA PERBANDINGAN KERNEL LOSSES PADA HYDROCYCLONE DAN CLAYBATH DI STASIUN NUT DAN KERNEL
Ulwan Helmy Zesa1*, Harsunu Purwoto1, Rochmadi2
Institut Pertanian Stiper Yogyakarta
Jl Nangka II, Maguwoharjo (Ringroad Utara), Yogyakarta
Jurusan Teknik Pertanian
Fakultas Teknologi Pertanian

ABSTRAK
Pemisahan cangkang dan kernel terbagi dalam dua proses pemisahan yaitu pemisahan kering dan basah. Proses pemisahan kering menggunakan Light transport dry separator (LTDS). Proses pemisahan basah menggnakan Claybath dan Hydrocyclone. Pemisahan mneggunakan Claybath berdasarkan prinsip berat jenis. Cangkang yang memiliki berat jenis lebih besar daripada kernel akan berada dibawah dan kernel berada diatas, hal itu bisa terjadi dengan bantuan kalsium karbonat. Pemisahan dengan hydrocyclone menggunakan prinsip gaya sentrifugal, cangkang yang lebih berat akan berada dibawah dan kernel diatas menggunakan media fluida air.
Tujuan Penelitian ini adalah membandingkan kinerja alat hydrocyclone dan claybath terhadap kernel losses dan kadar kotoran, mengkaji pengaruh penggunaan Hydrocyclone di Stasiun Nut dan Kernel terhadap produksi yang dicapai dengan melakukan perbandingan, dan menganalisis manfaat yang diperoleh dengan penggunaan Hydrocyclone.
Analisa mutu kernel yang didapatkan bahwa kadar kotoran pada keluaran dari hydrocyclone stage pertama adalah 0.53% kemudian pada keluaran stage kedua adalah7.23% dan sedangkan untuk kadar kotoran dari claybath adalah 0.64%, untuk kadar kotoran dari hydrocyclone stage pertama lebih bersih jika dibandingkan dengan claybath, akan tetapi untuk stage kedua dari hydrocyclone kadar kotoran masih tinggi, dan untuk analisa mutu kernel losses yaitu pada alat hydrocyclone, kernel losses dari hydrocyclone adalah 1.83%, dan kernel losses dari claybath adalah 1,78%, berdasarkan data hasil analisa kernel losses claybath lebih kecil dibandingkan dengan hydrocyclone.
Kata Kunci : Hydrocyclone, Claybath, losses, Kadar kotoran
LOADING LIST...
helmyzesa@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Ir. Rochmadi, MBA - Personal Name
Ulwan Helmy Zesa - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...