H. M. Darul Falah, S. Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENENTUAN HARVESTING SET UP PADA KEGIATAN PEMANENAN SISTEM MEKANIS DI AREAL MINERAL SOIL


Harvesting set up adalah sebuah pengaturan kebutuhan alat pemanenan. Aspek-aspek yang mempengaruhi harvesting set up adalah sistem harvesting, teknik esktraksi, produktivitas alat serta operator. Perencanaan adalah bagian penting dalam suatu aktivitas pemanenan. Harvesting set up merupakan bagian daripada merencanakan pemanenan hutan. Harveting set up digunakan dalam operasional pemanenan dalam skala besar dan luas, sehingga diperlukan pengaturan jumlah alat serta penempatan alat pada masing-masing blok pemanenan.
Sampel pada penelitian ini adalah kayu Acacia mangium, metode pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah produktivitas alat-alat pemanenan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan melakukan studi waktu kerja dan gerakan untuk menentukan produktivitas alat.
Dari hasil penelitian ditentukan set up alat pemanenan sistem mekanis yang meliputi alat Shear Head (Penebangan), Skidder Grapple (Penyaradan), Debarker Saw (Pengupasan Kulit) serta Excavator (Loading & Spreading) dengan komposisi 2-1-3-3. Untuk unit alat Shear Head hasil perhitungan penentuan set up dari 1,4 menjadi 2 unit alat, Skidder Grapple 1, Debarker Saw 2,8 menjadi 3 unit alat, Excavator 2,4 menjadi 3 unit alat. Kondisi ini dikarenakan untuk mengantisipasi kerusakan alat dilapangan, waktu pengerjaan serta meningkatkan hasil produksi. Berdasarkan perhitungan produktivitas di atas dengan set up alat 2-1-3-3 diharapkan bisa menyelesaikan kegiatan pemanenan areal di bawah 4 minggu.

LOADING LIST...
husnimustaqim12@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER YOGYAKARTA
2019
yogyakarta
LOADING LIST...