Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Identifikasi Jenis Klon Eucalyptus spp. Menggunakan Citra Landsat-8 Pada Umur 18 Bulan di HTI PT. RAPP


Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kehutanan sudah pasti memiliki lahan yang luas untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Tanaman Eucalyptus spp. merupakan tanaman yang diusahakan dalam perusahaan ini. PT. RAPP terus menciptakan klon-klon baru hasil persilangan dari tanaman Eucalyptus spp. yang memiliki karakteristik yang berbeda beda bahkan terkadang sulit untuk membedakan antar klon tersebut pada saat berada di areal. dewasa ini perkembangan teknologi telah banyak membantu, salah satunya yaitu identifikasi jenis klon tanaman pada areal menggunakan teknologi penginderaan jauh.
Penelitian ini dilaksanakan di Estate Teso Timur PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kecamatan kampar kiri, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan dengan kombinasi antara inventarisasi di lapangan menggunakan metode 6-trees sampling yaitu mengukur variabel tinggi dan diameter pohon serta dengan menurunkan nilai indeks vegetasi NDVI melalui data penginderaan jauh. Analisis data akhir yang digunakan ialah metode analisis cluster yang mengelompokkan data berdasarkan karakteristik terdekat.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 5 sampel klon Eucalyptus spp. belum dapat teridentifikasi dengan baik menggunakan teknologi penginderaan jauh. Hasilnya untuk klon CEP0050 berada dalam cluster 4, klon CEP0006 berada dalam cluster 1, 3, 4 , klon CGP0032 berada dalam cluster 2, 3, 4, 5 , klon CGP0066 berada dalam cluster 3 dan 4 serta klon CEP0013 berada dalam cluster 1 dan 4. Nilai rentang NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) terendah terdapat pada jenis klon CEP0013 dengan nilai indeks vegetasi 0.5422 dan nilai indeks vegetasi tertinggi terdapat pada jenis klon CGP0032 dengan nilai indeks vegetasi sebesar 0.7809.

LOADING LIST...
erickwijaya11@gmail.com
Ir. Sugeng Wahyudiono, MP (P) - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
Erick Wijaya - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...