BINA SUSANTO OLOAN SIREGAR; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN AIR KELUARAN DARI STEAM TRAP SEBAGAI AIR SUBTITUSI LARUTAN CaCO3 DI STASIUN NUT DAN KERNEL


ABSTRAK

Steam trap adalah valve otomatis yang didesain untuk mengeluarkan kondensat, udara, dan fluida non-kondensibel yang terjebak atau tertahan di sistem steam. Condensate Steam Trap atau air keluaran steam trap dialirkan ke parit tanpa dimanfaatkan lagi.
Tujuan penelitian ini adalah (i) Mengukur kuantitas Air condensate dari Steam Trap, (ii) Analisis kualitas Air condensate dari Steam Trap, (iii) Analisa potensi Air Condensate Steam Trap sebagai air subtitusi larutan CaCO3., dan (iv) Analisa efisiensi pemisahan kernel di Claybath dengan larutan CaCO3 dari Air Condensate Steam Trap.
Percobaan dan pengujian dilakukan di Labroaturium dengan mengunakan lima variasi dengan perbadingan air Condensate Steam Trap : air baku yaitu 100 %: 0%, 75%:25%, 50%:50%, 25%:75%,dan 0% : 100%. Kualitas Air Condensate Steam Trap (CST) dari pH,TDS, dan suhu adalah 6, 5,56 ppm dan 80,80 ºC.
Variasi dengan hasil terbaik yaitu 100% Air Condensate Steam Trap (CST) karena pemakaian CaCO3 333,31 gram (lebih hemat 14,8 %) dan losses 0,24 % paling sedikit diantara variasi yang lain serta kadar kotoran yaitu 0,42 dan ketahanan jenuh mampu bertahan selama 6 hari lebih lama dari variasi yang lain. Padahal debit steam trap di stasiun Nut dan Kernel mampu menggantikan air baku pada unit claybath dikarenakan potensi Air Condensate Steam Trap (CST) yaitu 743,929 liter/bulan sedangkan air kebutuhan di unit claybath adalah 168.480 liter/bulan
Kata kunci : Dirt, losses, Konsumsi CaCO3, ketahanan jenuh, lama pengendapan, potensi Air condensate steam trap.

LOADING LIST...
binasusantoos@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...