Ir. Retni Mardu Hartati, SU; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Respon Pertumbuhan Bibit Kelapan Sawit Di Pre Nursery Dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Kulit Pisang Dan Pupuk NPK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery terhadap pemberian pupuk organik cair (kulit pisang) dan pupuk NPK.Penelitian ini dilaksanakan di lahan pertanian milik masyarakat Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret sampai Juni 2018.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organik cair kulit pisangyang terdiri dari 4 aras yaitu ; K0: konsentrasi 0%, K1: konsentrasi10%, K2: konsentarsi 20% dan K3: konsentrasi 30%. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk NPK yang terdiri dari 4 aras yaitu ; P0: 0g/tanaman, P1: 1.25 g/tanaman, P2: 2.5 g/tanaman dan P3: 3.75 g/tanaman. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%. Parameter yang diamati antara lain tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, berat segar tajuk, berat kering tajuk, panjang akar, jumlah akar, berat segar akar, berat kering akar.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair (kulit pisang) dan pupuk NPK menunjukkan adanya interaksi nyata terhadap parameter tinggi tanaman, diameter batang, berat segar tajuk dan berat kering akar.
Kata kunci : Kelapa sawit, Pre Nursery, POC kulit pisang, pupuk N
LOADING LIST...
ryanstarlive@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...