Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH FREKUENSI PEMBERIAN LIMBAH PABRIK KELAPA SAWIT PADA BERBAGAI JENIS TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN MUCUNA BRACTEATA


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh serta interaksi pemberiaan limbah cair pabrik kelapa sawit pada tanah regusol, tanah latosol dan tanah grumusol terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan januari sampai dengan Maret 2017 di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) dengan dua faktor. Faktor Pertama adalah jenis tanah terdiri dari 3 aras yaitu: regusol, latosol, dan grumusol. Faktor kedua Frekuensi penyiraman limbah pabrik kelapa Sawit yang terdiri dari 4 aras perlakuan yaitu tanpa penyiraman limbah, 1 minggu sekali, 2 minggu sekali dan 3 minggu sekali. Data dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance). Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terjadi kombinasi yang baik antara jenis tanah dan frekuensi penyiraman limbah cair pabrik kelapa sawit terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata. Pemakaian jenis tanah regusol sebagai media tanam Mucuna bracteata menghasilkan pertumbuhan yang baik. Pemberian limbah cair pabrik kelapa sawit dengan frekuensi yang berbeda menghasilkan pertumbuhan yang sama baik dibandingkan dengan tanpa aplikasi limbah terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata.
Kata kunci : Mucuna bracteata, limbah cair pabrik kelapa sawit dan jenis tanah.

LOADING LIST...
dickyssaputra1707@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP. - Personal Name
DICKY SAPUTRA - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...