Ir. Umi Kusumastuti Rusmarini, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BAWANG MERAH DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURESERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak bawang merah dan macam media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Adapun waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 3 bulan dari bulan Maret sampai Juni 2018.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah percobaan faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah ekstrak bawang merah dengan konsentrasi 100g/l, 200g/l, 300g/l dan kontrol sedangkan faktor kedua adalah macam media tanam yang digunakan yaitu tanah regosol, pupuk kascing, dan pupuk NPK, yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completey Randomize Design (CRD)
Hasil penelitian menujukkan bahwa perlakuan eksrak bawang merah dan macam media tanam tidak memberikan interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Pemberian ekstrak bawang merah memberikan pengaruh yang sama dengan kontrol pada pertumbuhan bibit kelapa sawit pre-nursery. Demikian pula pada perlakuan macam media tanam tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.
.

Kata kunci : ekstrak bawang merah, regosol, pupuk kascing, pupuk NPK, dan bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
gylang.sar@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...