Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

BIOPELET KARBON DARI RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) DENGAN VARIASI JUMLAH PENAMBAHAN CANGKANG KELAPA SAWIT DAN VARIASI WAKTU KARBONISASI


BIOPELET KARBON DARI RUMPUT GAJAH (PENNISETUM PURPUREUM) DENGAN VARIASI JUMLAH PENAMBAHAN CANGKANG KELAPA SAWIT DAN VARIASI WAKTU KARBONISASI
Disusun Oleh :
DIMAS PUJI PANGESTU
15/17899/THP/STPK-A
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh waktu karbonisasi dan perbandingan arang rumput gajah dan arang cangkang sawit terhadap karateristik biopelet karbon.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) faktorial. Faktor I yaitu lama karbonisasi (A) dengan 3 taraf, yaitu : A1 (60 menit), A2 (90 menit) dan A3 (120 menit). Faktor II yaitu perbandingan jumlah serbuk arang rumput gajah dengan serbuk arang cangkang sawit (B) dengan 3 taraf, yaitu : B1 (50% : 50%), B2 (75% : 25%) dan B3 (25% : 75%). Biopelet karbon yang dihasilkan di analisis sifat fisiko – kimianya meliputi : kadar air, abu, zat terbang, karbon terikat, nilai kalor, uji laju konsumsi pembakaran dan uji kerapatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu karbonisasi berpengaruh terhadap kadar zat terbang, karbon terikat dan nilai kalor namun, tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, uji laju konsumsi pembakaran dan uji kerapatan dari biopelet karbon yag dihasilkan. Perbandingan jumlah arang rumput gajah dengan arang cangkang sawit berpengaruh terhadap kadar zat terbang, nilai kalor dan uji laju konsumsi, namun tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, nilai kalor dan uji laju konsumsi pembakaran dengan biopelet karbon yang dihasilkan. Biopelet karbon yang dengan karateristik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) diperoleh pada perlakuan A2B1(karbonisasi 90 menit) dengan (perbandingan jumlah arang rumput gajah dan arang cangkang sawit sebesar 50 % : 50 %) dengan kadar air 1,97 %, abu 1,08 %, nilai kalor 5578,14 g/kal, uji laju konsumsi pembakaran 0,79 kg/jam dan uji kerapatan 0,99 g/m3.

Kata Kunci : Biopelet karbon, serbuk arang rumput gajah, serbuk arang cangkang sawit, karbonisasi

LOADING LIST...
realpangsetu@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
Dimas Puji Pangestu - Personal Name
Dr. Maria Ulfah STP, MP - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...