Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN LOSSES BRONDOLAN KELAPA SAWIT DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT.TUNGGAL PERKASA PLANTATION AAL, KABUPATEN INDRAGIRI HULU, PROVINSI RIAU


Mengetahui besarnya losses produksi yang terjadi, mengetahui kerugian yang diakibatkan oleh brondolan yang tertinggal di kebun kelapa sawit, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya losses di perkebunan PT. Tunggal Perkasa Plantation. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-April di kebun PT. Tunggal Perkasa Plantation Astra Agro Lestari, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.
Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan purposive random smpling yang bertujan untuk memilih, mengetahui dan mengenal kondisi kebun pengamatan serta menentukan letak pengamatan. Pengambilan sample sebanyak tiga blok. Masing-masing blok sampel tersebut dilakukan pengamatan sebanyak 25 pokok dari luasan 1 blok untuk mendapatkan data pengamatan yang kemudian dilanjutkan dengan penyusunan data.
Hasil analisis menunjukkan losses yang terjadi paling besar adalah pada areal pasar pikul yaitu 5,5 Kg. Dilihat dari segi ekonominya losses dalam 1 tahun dapat mengalami kerugian ekonomi sebesar Rp 929.517.601 dalam 1 afdeling.

Kata Kunci : Losses Brondolan, Biaya Kerugian.
LOADING LIST...
bimasulistio12@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...