Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI JENIS MULSA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS ( Zea mays L. Saccharata Sturt. )


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis mulsa dan aplikasi frekuensi penyiraman serta intraksinya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung manis. Penelitian dilaksanakan di lahan yang terletak di Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Percobaan dilakukan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor yaitu jenis mulsa dan frekuensii penyiraman. Jenis mulsa terdiri dari 4 aras yaitu mulsa jerami padi, daun bambu, plastik hitam, dan kontrol (tanpa mulsa). Frekuensi penyiraman terdiri dari 3 aras yaitu 2 kali/ 1 hari, 2 kali/ 2 hari, 2 kali/ 3 hari.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan jenis mulsa dan frekuensi penyiraman tidak ada interaksi nyata terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis. Perlakuan jenis mulsa memberikan pengaruh nyata kepada pertumbuhan jagung manis khususnya pada parameter tinggi tanaman dan berat segar, walaupun tidak berbeda nyata dengan jerami padi, sedangkan perlakuan frekuensi penyiraman 2 kali/ 2 hari memberikan pengaruh nyata kepada pertumbuhan tanaman jagung manis khususnya pada parameter tinggi tanaman, berat segar tanaman, berat segar akar, panjang tongkol tanpa klobot, berat tongkol berklobot dan berat tongkol tanpa klobot.

Kata kunci : Jenis mulsa, frekuensi penyiraman, tanaman jagung manis

LOADING LIST...
andreahmad457@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...