Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PENGANGKUTAN TBS KELAPA SAWIT KEBUN PLASMA PT RIGUNAS AGRI UTAMA, DUSUN PALADANG, DESA PAUHRANAP, KECAMATAN PERANAP, KABUPATEN INDRAGIRI HULU, PROVINSI RIAU


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan produktivitas tenaga kerja alat angkut, mengetahui perbandingan biaya alat angkut, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengangkutan TBS dari piringan ke TPH.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan lokasi menggunakan metode Purpossive. Metode analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang dianalisis menggunakan analisis biaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengangkutan menggunakan becak motor lebih produktif dibandingkan kerja angkong. Halini dilihat dari hasil produktivitas kerja becak motor yaitu 1.102,312 kg/jam lebih besar daripada produktivitas angkong yaitu 616,227 kg/jam dengan selisih 486,085 kg/jam; (2) Pengangkutan menggunakan angkong memiliki biaya operasional lebih rendah dibandingkan becak motor. Hal ini dilihat dari biaya operasional angkong yaitu Rp43.453,62/jam lebih rendah daripada efisiensi becak motor Rp80.656,31/jam dengan selisih Rp37.202,69/jam atau Rp2,65/Kg; (3) Kendala yang mempengaruhi dalam proses p[engangkutan TBS dari piringan menuju TPH yaitu cuaca, dikarenakan tanah menjadi basah dan menyebabkan jalan atau pasar pikul menjadi licin, kebersihan pasar pikul dan kerusakan alat yang membuat pengangkutan TBS ke TPH menjadi sedikit lebih terhambat dan lama.

Kata Kunci: Pengangkutan, TBS Kelapa Sawit, Angkong, Becak Motor
LOADING LIST...
bramantiokevin384@gmail.com
Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP - Personal Name
Arum Ambarsari, SP., MP - Personal Name
Kevin Bramantio - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...