Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Limbah Padat Sebagai Media Tanam Vertikultur Pada Selada


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan dan produksi tanaman selada yang ditanam pada limbah padat sebagai media tanam pada sistem vertikultur. Penelitian dilaksanakan di Desa Kali Kuning, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan selama 40 hari dari tanggal 7 Desember – 15 Januari 2019.
Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 1 faktor. Faktornya adalah komposisi penggunaan limbah padat sebagai media tanam yang terdiri dari 6 aras yaitu K1 : media tanah + limbah jamu, K2 : media tanah + arang sekam + limbah jamu, K3 : media tanah + arang sekam, K4 : media tanah + limbah jamu + cocopeat, K5 : media tanah + cocopeat, K6 : media tanah + arang sekam + cocopeat.dengan masing-masing aras diulang 3 kali. Data penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analysis of variance) pada taraf 5%. Bila ada beda nyata dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan atau DMRT (Duncan multiple range test) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah padat sebagai media tanam tidak berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun, panjang akar, dan berat segar tanaman. Tetapi berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat segar akar, berat kering akar, dan berat ekonomis. Media tanah + arang sekam + limbah jamu memberikan pengaruh yang terbaik.

Kata Kunci :Limbah padat, Selada, Sistem Vertikultur, Komposisi limbah

LOADING LIST...
nandap406@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...